Buscar

Páginas

Manfaat Teh


Teh mungkin merupakan salah satu jenis minuman paling populer di dunia. Minuman ini berasal dari tanaman teh (Camelia sinensis).
Banyak jenis dari teh yang dapat kita temukan di pasaran. Perbedaan yang mendasar dari masing-masing jenis teh adalah dari prosesing daun teh setelah dipetik. Faktor terbesar yang menentukan jenis teh adalah proses oksidasi atau terkadang disebut sebagai proses fermentasi dari daun.
Berdasarkan lama proses oksidasi, teh dibedakan menjadi beberapa jenis:
1. Teh Hitam
Teh hitam mengalami proses oksidasi yang lebih lama dibanding jenis teh yang lain (OOlong teh dan teh hijau). Teh hitam biasanya lebih kuat dalam rasa dan mengandung lebih banyak cafein, daripada teh yang mengalami proses oksidasi lebih sebentar.
2. Teh Oolong
Teh Oolng adalah teh tradisional China yang mana mengalami proses oksidasi antara teh hitam dengan teh hijau. Berkisar antara10% sampai 70% dalam proses oksidasi.
3. Teh Hijau
Di antara kedua jenis teh diatas, teh hijau mengalami proses oksidasi yang paling minimum.

Dari ketiga jenis teh di atas, semuanya mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCg)yang tinggi yang efektif sebagai antioksidan. Teh hitam dan teh oolong mengandung lebih sedikit EGCg daripada teh hijau, tetapi keduanya memiliki kandungan theaflavin dan thearubigen yang memiliki efektifitas yang sama dengan EGCg sebagai antioksidan.

Manfaat Teh secara umum adalah:
1.Menjaga kesehatan jantung
Teh mengandung kolesterol yang rendah dan melindungi dari serangan penyakit jantung (Journal of Nutrition, 2003)
2.Mencegah Kanker
Teh hijau dan teh hitam dapat memperlambat penyebaran kanker prostat (Center for Human Nutrition at UCLA's David Geffen School of Medicine, 2004).
3.Menurunkan tekanan darah
Teh hijau dan teh oolong menurunkan resiko tekanan darah tinggi ((National Cheng Kung University study, Archives of Internal Medicine, 2004).
4.Meningkatkan ketahanan tubuh
Teh dipercaya mampu meningkatkan ketahanan tubuh (Proceedings of the National Academy of Sciences, 2003)
5.Melawan Leukimia
Komponen teh hijau membantu membunuh sel leukimia ((Mayo Clinic, 2004).
6.Melawan Alzheimer
Minum teh dapat menunda penyakit Alzheimer ((Newcastle University's Medicinal Plant Research Centre study, Phytotherapy Research, 2004).
7.Melawan AIDS
Teh mempunyai peranan dalam melawan AIDS (University of Tokyo, Journal of Allergy and Clinical Immunology, 2003)

Itulah beberapa manfaat dari teh. Memulai pagi hari dengan secangkir teh untuk hidup yang lebih sehat..

0 komentar:

Posting Komentar