Buscar

Páginas

Capsaisin : Biang Pedas Pada Cabe


Hal yang pertama terlintas di pikiran tentang cabe tentunya adalah "pedas". Pedas pada buah cabe ditentukan oleh kandungan capsaicin yang dinyatakan dalam bentuk satuan Scoville Heat Unit (SHU).


Source:doctor2008.wordpress.com
Tabel diatas menunjukkan skema urutan cabe berdasarkan nilai scoville unit dengan pure capsaicin pada puncak skema. Pada skema tampak cabe Naga Jolokia adalah cabe yang menduduki peringkat pertama sebagai cabe terpedas di dunia. Cabe yang berasal dari India ini memiliki nilai scoville unit 855.000-1.041.427.
Bagi yang ingin tahu bentuk Naga Jolokia, ni saya tampilin,
Source:doctor2008.wordpress.com

Berhubung saya belum punya benih dari cabe jenis ini, saya ambil gambarnya dari internet juga.

Pada Maret 2011, cabe Trinidad Scorpion Butch T pepper terukur mempunyai nilai SHU sebesar 1.463.700, yang berarti lebih tinggi daripada Naga Jolokia.

Berdasarkan Guinnes Book of Records (http://www.guinnessworldrecords.com/records-1/hottest-chili/) cabe Trinidad Scorpion Butch T pepper menduduki peringkat pertama cabe terpedas di dunia.


Bagi yang belum tahu, cabe scorpion trinidad, ini saya tampilkan penampakan buahnya.
Source: australiangeographic.com.au.

Sebenarnya saya sudah mempunyai beberapa biji koleksi dari jenis ini. Tetapi sulit banget untuk numbuhinnya. Akhirnya masih cari cara untuk berusaha numbuhin, sebelum akhirnya biji habis dan terbuang sia-sia karena gak bisa numbuhin (malu juga lulusan pertanian gak bisa numbuhin cabe,..^_^).

Hayo..temen-temen yang sudah berpengalaman dengan cabe ini, boleh donk di share, or mungkin mo berbagi info tentang jenis cabe yang lain boleh juga, apalagi ada yang mau berbagi koleksi...boleh banget...

0 komentar:

Posting Komentar